Apakah jantung anda sehat, ini dia cara mudah memeriksa kesehatan anda.

Penyakit jantung saat ini masih menjadi hal yang paling menakutkan. Karena tidak bisa dipungkiri angka kematian cukup tinggi dikarenakan oleh penyakit jantung ini. Maka dari itu, tidak hanya melakoni pola hidup yang sehat saja, Anda juga harus rutin memeriksa jantung sendiri. Pemeriksaan terhadap jantung ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi-kondisi yang tidak normal yang tiba-tiba saja terjadi. Dengan memeriksa jantung sendiri lebih awal, Anda akan bisa melakukan pengobatan yang maksimal. Pemeriksaan jantung ini tidak hanya bisa dilakukan oleh dokter saja, Anda juga bisa melakukannya.

Cara Memeriksa Jantung Sendiri


Lewat Lingkar Pinggang

Cara untuk mengetahui kesehatan jantung yang pertama adalah lewat lingkar pinggang. Perempuan dengan lingkar pinggang 88 cm atau pun lebih lebih besar terkenal resiko serang jantung ataupun juga kanker. Jika ukuran pinggang Anda sudah mencapai angka tersebut harus sangat berhati-hati karena tubuh memiliki resiko yang besar terhadap serangan jantung. Untuk mengurangi ukuran pinggang Anda, seorang ahli jantung dari Massachusetts General Hospital yang bernama Malisaa Wood, MD menyarankan cara yang tepat. Cara yang pertama dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur dan yang kedua melakukan olah raga cardio rutin 3 kali dalam seminggung selama 1 jam saja.

Lewat Warna Kuku

Terlihat sepele namun ternyata sangat penting yaitu warna kuku. Warna kuku ini bisa menjadi indikator sehat atau tidaknya jantung Anda. Orang-orang normal pada umunya memiliki warna kuku putih kemerah-merahan. Namun jika warnanya sudah mulai berubah menjadi keungu-unguan lakukan pengecekan kepada dokter. Warna kuku ini merupakan salah satu indikasi bahwa jantung dalam keadaaan tidak sehat. Jangan abaikan pertanda alami yang muncul dari tubuh ini. Jika diketahui lebih dini, resiko kematian akan menurun.

Lewat Lidah

Seperti halnya kuku, lidah juga bisa menjadi indikator ataupun pertanda kesehatan jantung. Mereka yang tidak menderita penyakit jantung akan memiliki lidah segar. Maksudnya, lidah segar ini akan memiliki warna kemerah–merahan. Namun, jika warna lidah sudah menjadi pucat dan menjurus ke warna ungu, hal ini sangat perlu sekali untuk diwaspadai. Bahaya penyakit jantung sedang mengintai Anda, waspadalah.

Detak Jantung Cepat

Detak jantung cepat ketika kondisi tubuh sedang beristirahat atau yang disebut dengan takikardia, juga menjadi indikator sehat atau tidaknya jantung. Biasanya, takikardia ini terjadi karena rasa gembira, cemas, stress, olahraga, ataupun juga kelebihan caffeine. Hal ini dianggap normal terjadi. Namun, jika jantung berdetak cepat ini terjadi karena alasan tidak masuk akal, contohnya saja saat sedang istirahat dan tubuh sedang rileks, hal ini perlu untuk dicurigai sebagai indikator jantung dalam keadaan tidak normal.

Lewat Cuping Telinga

Cara memeriksa jantung sendiri lainnya adalah lewat cuping telinga. Jika kondisi cuping telinga, bagian yang biasanya diberi anting, dalam keadaan mengekerut ataupun kusut, biasanya ini menjadi awal kesehatan jantung dalam kondisi yang tidak baik. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh ahli kardiologi dari Texas Amerika Serikat, dr. Sarah Samaan yang menyebutkan bahwa reaksi cuping telinga jika kondisi jantung sedang dalam masalah adalah mengkerut ataupun keriput.

Tidak terlalu sulit untuk memeriksa jantung sendiri. Untuk itu rutinlah melakukan pemeriksaan, dan ketika terjadi hal-hal janggal langsung konsultasikan kepada dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah jantung anda sehat, ini dia cara mudah memeriksa kesehatan anda."

Posting Komentar